Wednesday, December 1, 2010

15. SEMUA ORANG BISA MENGALAMI KESELAMATAN

Rabu, 1 Desember 2010

Pekan I Masa Adventus

Bacaan : Yes, 25, 6-10 dan Mat, 15, 29-37


Beberapa saat sebelum mempersiapkan renungan ini, saya berbicara dengan seorang sahabat karibku, seorang gadis manis berkepercayaan lain, tapi mengenal sangat baik jalan hidupku, pilihanku menjadi imam dan terbiasa memintaku memberkatinya. Kukagumi dia, pendiriannya dan tentu saja penghargaannya akan siapa aku dan bentuk pelayananku.

Tentang harapannya akan kehidupan dan masa depannya, saya selalu meneguhkannya demikian, "Tuhan yang kita sembah sesungguhnya esa dan tak pernah memisahkan kita. Kudoakan agar Tuhan memberikan tuntunan dan pilihan yang terbaik bagimu, bagi hidupmu, bagi masa depanmu, juga setelah orang yang paling kamu sayangi mendahuluimu. Kita akan bertemu selalu dalam Tuhan."

Bacaan liturgi hari ini bicara tentang kenyataan bahwa semua orang akan berkumpul di gunung Tuhan dan mendapatkan perjamuan yang disediakan Tuhan bagi semua bangsa. Itulah warta yesaya dalam bacaan pertama. Warta Yesaya ini juga dipenuhi dalam diri Yesus, juga dalam bacaan Injil hari ini. Bahwa karena Dia semua orang tanpa kecuali berkumpul bersama Dia, mereka mengimaninya dan karenanya mereka mengalami kesembuhan dan pemenuhan kebutuhan hidup dan kerinduan masa depannya.

Sebuah harapan yang menguatkan hati siapa saja yang mengenal dan mencintai Allah, tak peduli dari aliran agama mana, tak peduli ia berasal dari bangsa mana. Allah dan kehadiranNya memberikan keselamatanNya bagi semua. Tentu kalau manusia, kita mau mencari Dia ke manapun kita berada.

Apakah kita percaya akan rahasia kehadiran Allah dan tawaran keselamatanNya. Saya percaya bahwa kita smua tanpa kecuali seyogyanya selalu membawa pengalaman akan berkat Allah semakin dekat dengan orang yang kita jumpai dan menolong orang yang kita temui untuk memiliki harapan akan masa depan yang pasti bersama Allah. Ini sesungguhnya isi adventus yang tengah kita jalani sekarang.
Marilah kita berdoa, Tuhan Yesus, bersama Engkau orang alami damai, kesembuhan dan keselamatan. Semoga kami dalam karya dan cara berada kami, membuat orang lain bisa mengalami Engkau sebagai Allah yang dekat dan berpihak kepadanya. Amin

Copyright © Ledalero, 1 Desember 2010, by Ansel Meo SVD


No comments:

Post a Comment