Thursday, November 25, 2010

11. TETAP FOKUS PADA KEHIDUPAN: KERAJAAN ALLAH DI SINI

Jumat, 26 Nopember 2010

Bacaan : Lukas 21, 29-33


Berhadapan dengan sesuatu yang kita tahu akan terjadi pada kita, seringkali kita tak bisa bersabar untuk mengetahui saat persis bilamana hal itu akan terjadi. Seorang sahabat karib saya mengunjungi orangtuanya yang dalam keadaan kritis dan menanti saat-saat akhir hidupnya. Semua keluarga dekat baik anak maupun cucu berusaha hadir karena berpikir, jangan-jangan sang mama segera 'pergi' tanpa bisa mereka saksikan. Sayapun menjadi dekat dengan keluarga ini, dan mendoakan dari jauh dengan menggunakan handphone yang suara saya sengaja diperdengarkan untuk mereka semua yang hadir guna bersama-sama mendoakan mama yang telah berusia sangat lanjut ini.

Menantikan keadaan mama yang lagi sakit keras dengan meninggalkan pekerjaan dan keluarga dan tempat kerja yang jauh memang membuat mereka tak sabar. Kapan saatnya mama akan pergi? Atau apakah mama akan segera sembuh kembali dan berumur tambah panjang lagi? Itulah pertanyaan mereka. Terhadap mereka, saya hanya berpesan, "Perhatikan dan rawatilah mama dengan sungguh dan minta Tuhan memberikan tandaNya sebelum kamu pergi menuju tempat kerja dan keluargamu."

Yesus dalam Injil hari ini ditanyakan tentang 'kapan' Kerajaan Sorga itu akan datang. Dan Ia berkata, "Apabila kamu melihat pohon-pohon bertunas, [...] demikian juga jika kamu melihat hal-hal itu terjadi, ketahuilah bahwa Kerajaan Allah sudah dekat. [...] Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataanKu tidak akan berlalu."

Seringnya kita mengharapkan hal-hal atau tanda-tanda luar biasa membuat kita terbiasa mengabaikan hal yang biasa, pekerjaan, tradisi bahkan nasihat sederhana dari orang-orang di sekitar kita. Padahal, pada hal yang biasa itu, kita tahu dengan pasti nilainya, juga hasil yang berguna untuk kita. Karenanya, hemat saya bacaan hari ini sebenarnya menginga
tkan kita tentang perlunya fokuskan diri pada hal-hal yang kita kerjakan, dan tidak terobsesi melulu dengan kapan hal-hal luar biasa mendatangi kita.

Yesus meminta kita untuk memfokuskan diri kita pada kehidupan kita dan pada kenyataan bahwa Kerajaan Allah itu sesungguhnya tengah kita alami bersama kehadiran Yesus melalui Sabda dan Sakramen, juga melalui hidup dan pelayanan kita.

Tuhan Yesus Kristus, bantulah kami semua untuk memahami bahwa setiap korban, penderitaan dan usaha kami sesungguhnya menguatkan iman kami akan kedatanganMu yang menyelamatkan. Kami mau membangun KerajaanMu bersama-sama dengan Engkau. Karena itu Tuhan, tolonglah kami untuk tetap fokus pada pekerjaan dan pelayanan kami sambil berpegang teguh pada FirmanMu. Karena biarpun segala sesuatu akan berubah dan lenyap, Engkau ya Allah tetap abadi dan menyertai kami.

Amin.

Copyright © Ledalero, 25 Nopember 2010, by Anselmus Meo SVD






1 comment:

  1. Senang sekali bisa dapat banyak inspirasi dari SABDA HARI INI. Sebuah kesempatan untuk selalu mengenangkan Ledalero yang tercinta. Stefan Sikone

    ReplyDelete