Tuesday, April 5, 2011

45. BEKERJA BERSAMA ALLAH UNTUK MENGHIDUPKAN

Rabu, 06 April 2011

Bacaan : Yes. 49, 8-15 dan Yoh. 5, 17-30

Hari Minggu yang lalu, bersama sekelompok karyawan dan karyawati yang bekerja bersama para suster SSpS Lela, saya membantu refleksi mereka dengan tema seputar kerja. Pertanyaan dasar yang saya ajukan kepada peserta saat itu adalah "adakah alasan yang membuatmu berada di Lela dan menerima pekerjaan apa saja yang diserahkan kepadamu?" Pertanyaan tentang idealisme, tentang motivasi mengapa orang tetap bertekun dalam kerjanya betapapun ada kesulitan berat dalam pekerjaan itu. Dan dari sekian banyak yang menjawab, satu nada dasar ini mengemuka, "Kami bekerja supaya kami hidup. Kami bekerja agar bisa menghidupkan orang-orang yang kami kasihi dan menyekolahkan saudara/i maupun mempersiapkan uang sekolah untuk kami sendiri."

Dalam bacaan Injil yang kita baca hari ini, Yesus bicara tentang alasan dasar mengapa Ia bekerja. "Aku dan BapaKu masih bekerja hingga saat ini [...] Sebab sama seperti Bapa membangkitkan orang-orang mati dan menghidupkannya, demikian juga Anak menghidupkan barang siapa yang dikehendakiNya."

Bekerja bagi Yesus adalah melanjutkan pekerjaan yang tengah dilakukan oleh BapaNya. Dan maksud serta tujuan pekerjaan itu tidak lain adalah untuk menghidupkan, untuk menghasilkan hidup, baik dalam arti hidup di dunia ini secara lebih baik dan bermartabat, maupun hidup kekal yang menjadi cita-cita semua anak Allah. Karena itu siapapun yang mengakui diri murid Yesus, bekerja adalah pengambilan bahagian dalam upaya Allah untuk menghidupkan. Kita bekerja bersama Allah, kita adalah alat yang dipakai Allah untuk melanjutkan pekerjaanNya. Jadi betapa bermartabatnya karya dan kerja kita, betapa bernilainya setiap pekerjaan yang kita lakukan serbagai pengungkapan iman kita.
Tuhan Yesus Kristus, semoga seperti Engkau, kami sadar bahwa Allah bekerja dalam kami demi menghidupkan. Bantulah kami untuk menjalankan setiap karya sebagai upaya untuk menghidupkan diri kami dan semua yang kami kasihi. Amin.

Copyright @ Ledalero, 5 April 2011, by Ansel Meo SVD

1 comment:

  1. Untukmu semua yang mampir dan hendak syeringkan pendapat dan ungkapan imanmu tentang permenungan sederhana di atas, saya ajak untuk menyampaikannya di sini. Terimakasih.

    ReplyDelete